Empat Bandara Indonesia yang Seperti Bandara Luar Negeri

Published on Thursday, 08 May 2014 14:25
Empat Bandara Indonesia yang Seperti Bandara Luar Negeri

Deli Serdang - Sampai saat ini, bandara terbaik sedunia memang bukan di Indonesia. Tapi, bukan berarti kita tak punya bandara keren seperti di luar negeri. Berikut 4 bandara keren di Indonesia.
Dihimpun detikTravel, Kamis (8/5/2014), berikut 4 bandara keren di Indonesia. Rasanya seperti di luar negeri!
 1. Kualanamu, Sumatera Utara
Lupakan Bandara Polonia, selamat datang di Bandara Kualanamu. Bandara yang terletak di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara ini punya 104 check-in counter tercanggih di Indonesia. Mirip dengan model yang dipergunakan di Bandara Changi Singapura, juga Kuala Lumpur International Airport di Malaysia.
Tak hanya itu, Kualanamu juga punya kereta sebagai alat transportasi menuju Kota Medan. Kereta yang dioperasikan PT Railink ini sangat nyaman dan dilengkapi WiFi. Ini adalah bandara pertama di Indonesia yang punya akses langsung kereta, seperti Bandara Suvharnabhumi di Bangkok atau Changi di Singapura.
Bandara Kualanamu juga bisa didarati Airbus A380. Sampai saat ini hanya 4 bandara yang bisa didarati pesawat berbadan besar itu, selain Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, dan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.


 2. New Sepinggan, Kalimantan Timur
Berangan-angan punya bandara yang langsung terhubung ke mal? Inilah Bandara New Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur. Bandara ini mulai beroperasi pada 22 Maret 2014, dengan konsep futuristik modern eco airport.
Bandara megah ini punya terminal penumpang seluas 110.000 m2. Ada pula gedung parkir seluas 77.000 m2, flyover, 2 hanggar, apron, kargo, serta infrastruktur lain. Asyiknya, Bandara New Sepinggan memiliki banyak taman di dalam ruangan terutama di lantai 1 dan 3.
Namun yang paling keren tentu saja adalah mal. Traveler yang baru mendarat akan diarahkan keluar lewat mal yang terhubung langsung dengan bandara. Turun dari pesawat, bisa langsung belanja!


 3. The New Ngurah Rai, Bali
Sebagai pulau favorit turis di Indonesia, pemugaran Bandara Ngurah Rai diharapkan membawa dampak cukup besar. Kini The New Ngurah Rai, nama bandara baru tersebut, sudah mulai beroperasi baik terminal domestik maupun mancanegara.
The New Ngurah Rai tampak sangat megah dibanding bangunan lamanya. Meski modern, aksen tradisional Bali tidak lantas hilang. Di depan bangunan utama ada bangunan yang berbentuk seperti subak, sistem pesawahan di Bali yang berteras-teras.
Loket check-in pun berderet panjang agar penumpang tidak mengantre terlalu lama. Bandara baru ini juga punya conveyor belt yang sangat panjang, sehingga traveler tak perlu berdesakan untuk mengambil bagasi.


 4. Sultan Hasanuddin, Sulawesi Selatan
Bisa dibilang, Sultan Hasanuddin di Makassar adalah salah satu bandara termegah di Indonesia. Bangunan berkonsep futuristik menyatu dengan fitur-fitur canggih.
Sejumlah penghargaan memang pernah disabet oleh bandara ini. Pada 2011, Bandara Sultan Hasanuddin pernah masuk dalam 3 besar bandara terbaik di Indonesia. Bandara di Makassar ini juga pernah menerima penghargaan untuk kategori Bandara Baru Padat dan Toilet Umum Bersih.
Tahun berikutnya, bandara ini kembali menyabet penghargaan salah satunya Best Airport dan Creative Airport pada Bandara Award 2012. Beberapa pihak menyebutkan, nantinya akan makin banyak fasilitas non penerbangan yang akan ditambahkan. Mulai dari rumah makan di sekitar bandara, rumah sakit, sampai pasar wisata. (sumber : detiktravel.com)

 

Share: